LATIHAN SOAL USBN
SEJARAH PEMINATAN
1.
Perbedaan pengertian
antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah pada zaman prasejarah
masyarakatnya ....
A.
sudah mengenal sistem
bercocok tanam
B. terbentuk masyarakat prototife sebuah kerajaan
C. belum mengenal dan meninggalkan bukti tertulis
D. hidupnya masih bersifat nomaden (berpindah-pindah)
E. memiliki peradaban yang sudah cukup maju
2.
Peristiwa sejarah dapat
mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat
adalah manfaat sejarah dari segi ....
A.
edukatif D. inspiratif
B.
rekreatif E. pedagogik
C.
instruktif
3.
Perhatikan data-data
berikut!
1)
Folkhlore
2)
Mite
3)
Prasasti
4)
Legenda
5)
Batu bertulis
Dari data tersebut di atas,
merupakan cara masyarakat praaksara berusaha mewariskan masa lalunya kepada
generasi ditunjukkan pada ....
A.
1, 2 dan 3 D. 2, 3, dan 5
B.
1, 2 dan 4 E. 3, 4, dan 5
C.
2, 3 dan 4
4.
Perhatikan data-data
berikut!
1)
masyarakat sebagai sebuah
kerajaan
2)
nomaden / berpindah-pindah
3)
meninggalkan bukti
tertulis
4)
makanan tergantung dari
alam
Dari data diatas yang
merupakan ciri-ciri kehidupan masyarakat prasejarah terutama zaman paleolitikum
antara lain ....
A.
1 dan 2 D. 2 dan 4
B.
1 dan 3 E. 3 dan 4
C.
2 dan 3
5.
Jenis manusia purba
Indonesia “ Pithecanthropus Erectus
“ memiliki ciri-ciri yang sudah mendekati manusia antara lain ....
A.
tidak berbulu lebat D. dapat berjalan cepat
B.
menyukai makanan buah E. tinggal di rumah panggung
C.
sudah berdiri tegak
6.
Berdasarkan beberapa
teori, bangsa yang kemudian mendiami wilayah Indonesia saat ini berasal dari
campuran bangsa Melayu, ini terbukti dari ....
A.
fisik suku-suku bangsa di
Indonesia relatif kecil dengan kegiatan perdagangan
B.
mata pencaharian bangsa
Indonesia dari agraris, memanfaatkan angin
C.
sebagian penduduk
Indonesia berkulit kekuningan dengan rambut lurus bangsa
D.
menggunakan bahasa
pengantar dalam pergaulan berdialek Cina Selatan
E.
sebagian besar penduduk
Indonesia di bagian timur bermata sipit dengan kulit putih
7.
Kehidupan sosial India
mempunyai pengaruh sangat luas dan penting bagi kehidupan masyarakat Nusantara.
Salah satu bentuk pengaruhnya yang paling menonjol adalah ....
A.
mulai berkembangnya agama
Hindu-Budha
B.
munculnya seni ragam hias
India
C.
mulai dikenalnya
candi-candi seperti di India.
D.
berkembangnya sistem kasta
dalam masyarakat
E.
lahirnya kerajaan-kerajaan
Hindu-Budha
8.
Piramida merupakan salah
satu hasil budaya masyarakat Mesir Kuno yang sangat menakjubkan yang berfungsi
sebagai ....
A.
usaha meningkatkan taraf hidup rakyat
B.
pendorong kehidupan yang
layak
C.
pertanda kehidupan yang
kaya
D.
penyimpan hasil mata
pencaharian
E.
makam para Fir’aun
9.
Sistem pemerintahan yang
dilaksanakan sejak masa kekaisaran Romawi sampai saat ini yang melibatkan
seluruh rakyat adalah sistem ....
A.
Kekaisaran D. Absolutisme
B.
Kerajaan E. Tirani
C.
Republik
10.
Ada beberapa hipotesa yang
mengungkapkan tentang masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan
Hindu-Budha di Indonesia. Diantaranya adalah teori ksatria yang mengatakan
bahwa masuk dan berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia dilakukan oleh ....
A.
Pendeta yang menyebarkan
Hindu-Budha di Indonesia
B.
Pedagang datang untuk
berdagang sambil mengajarkan agama
C.
Tentara yang melarikan
diri sampai ke Indonesia
D.
Petani yang mencari
kehidupan lebih baik
E.
Budak yang dibawa oleh
para pendeta ke Indonesia
11.
Kerajaan Majapahit
merupakan salah satu kerajaan nasional Nusantara yang berada di daerah pedalaman. Itu berarti kehidupan
ekonomi masyarakat Majapahit adalah ....
A.
pertanian D. perkebunan
B.
pariwisata E. perdagangan
C.
nelayan
12.
Setelah wafatnya Hayam
Wuruk dan Gajah Mada sebagai raja dan pemimpin, kemudian Kerajaan Majapahit
dengan cepat mengalami keruntuhan. Ini menunjukkan bahwa ....
A.
Rapuhnya tatanan kehidupan masyarakat
B.
Melupakan usaha
pembentukan generasi penerus
C.
Infrastruktur tidak
disiapkan secara matang
D.
Hubungan dengan kerajaan
lain tidak terjalin dengan baik
E.
Tidak dibangunnnya benteng
pertahanan secara memadai
13.
Perkembangan peradaban
Hindu – Budha banyak meninggalkan berbagai bentuk kebudayaan seperti di bawah
ini, kecuali
....
A.
Keraton Mataram Kuno D. Masjid Agung Demak
B.
Istana Majapahit di
Trowulan E. Candi Prambanan
C.
Candi Borobudur
14.
Berbagai pendapat muncul
berkenaan dengan masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam ke
Indonesia. Pendapat-pendapat tersebut didukung dengan bukti serta argumentasi
yang meyakinkan. Salah satu pendapat mengatakan bahwa agama dan kebudayaan
Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7. Pendapat ini didukung oleh bukti ....
A.
adanya makam Maulana Malik
Ibrahim yang jiratnya berasal dari abad ke-7 di wilayah Pasai
B.
temuan batu Leran di
Gersik sebagai makam seorang wanita bernama Fatimah binti Maimun
C.
adanya sebutan
Zabag-Zabay-Sribusa untuk Sriwijaya oleh pedagang dari Arab
D.
cerita Laksamana Cheng-Ho
yang melakukan penyerangan terhadap Majapahit
E.
Berita dari Marcopolo yang
pernah terdampar dan tinggal sementara di Perlak (Pasai)
15.
Satu tradisi dari
Majapahit Hindu – Mataram Islam bahkan sampai saat ini masih dilaksanakan oleh
masyarakat sebagai tradisi berupa kenduri gunungan yang berisikan makanan dan
buah-buahan hasil bumi, diarak dan kemudian diperebutkan oleh masyarakat.
Tradisi yang dimaksud adalah ....
A.
Grebeg D. Halal-bihalal
B.
Sekaten E. Ziarah
C.
Soko tatal
16.
Seni ragam hias India
mempengaruhi seni bangun punden berundak bangsa Indonesia dapat dengan jelas kita lihat pada ....
A.
Masjid Agung Demak D. Istana Merdeka
B.
Monumen Nasional E. Candi Prambanan
C.
Candi Borobudur
17.
Perhatikan pernyataan
berikut!
1)
mencari kekayaan
2)
menyebarkan agama Kristen
3)
memperkenalkan teknologi
4)
mencari kejayaan
5)
melakukan penjelajahan
Pernyataan tersebut di atas
adalah Semboyan “3 G” ( gold-glory-gospel)
yang dianut dan menjadi tujuan datangnya
bangsa Barat ke dunia timur termasuk Indonesia ditunjukkan oleh nomor ....
A.
1, 2, dan 3 D. 2, 3 dan 5
B.
1, 2, dan 4 E. 3, 4, dan 5
C.
2, 3, dan 4
18.
Perhatikan tabel kebijakan
/ tindakan penjajahan berikut!
No
|
Daendels
|
No
|
Raffles
|
1
|
Mengadakan pengadilan
sistem juri
|
1
|
Mengadakan pengadilan
keliling
|
2
|
Bupati diangkat menjadi
pegawai negeri
|
2
|
Mengangkat bupati
sebagai raja feodal
|
3
|
Membagi Jawa menjadi 18
Kekeresidenan
|
3
|
Membagi Jawa menjadi 8
profektur
|
4
|
Menghapuskan pajak hasil
bumi
|
4
|
Mengadakan pajak inatura
|
Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan adanya
persamaan tindakan kedua pejabat tersebut di atas yang ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 1 D. 3 dan 3
B. 1 dan 2 E. 4 dan 4
C. 2 dan 2
19.
Culturstelsel (Tanam Paksa) merupakan salah satu
metode/cara Belanda untuk mengisi kas negara. Dengan Culturstelsel Belanda
dapat mengeruk keuntungan berjuta gulden kekayaan rakyat Indonesia untuk
membangun negeri Belanda. Belanda berkembang dengan pesat menjadi negara maju
dan negara industri. Demikian akibat dari Culturstelsel bagi Belanda, tetapi
bagi rakyat Indonesia berakibat ....
A.
penduduk Indonesia dipindahkan secara paksa untuk
dipekerjakan di daerah perkebunan
B.
rakyat mulai menyadari tentang perlu adanya
kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan
C.
lahirnya pergerakan nasional Indonesia yang
dipelopori oleh kaum buruh di berbagai daerah
D.
mulai dilarangnya aktivitas seluruh organisasi
sosial politik di seluruh wilayah Hindia – Belanda
E.
dibukanya wilayah Hindia-Belanda untuk penanaman
modal asing dari berbagai negara
20.
Setelah berkuasa atas
wilayah Indonesia, Jepang membangun berbagai fasilitas pendukung perang dengan menggunakan tenaga rakyat, termasuk sebagai
pendukung perang yang mendapatkan pelatihan militer
yaitu ....
A.
Romusha D. Kempetai
B.
Heiho E. Kaigun
C.
PETA
21.
Akibat negatif dari adanya
mobilitas sosial dan ekonomi pada masa pendudukan Jepang di Indonesia berdampak
....
A.
Tanah pertanian menjadi
semakin sempit
B.
Para petani dapat mengolah
lahan baru
C.
Para petani mendapat
pengalaman baru
D.
Para pemuda banyak yang
pergi ke kota
E.
Daerah pedesaan kekurangan
tenaga kerja
22.
Faktor utama sebagai
penyebab terjadinya Revolusi Perancis adalah ....
A.
Pelaksanaan sistem monarki
absolut pada masa raja Louis XIV
B.
Berkuasanya Napoleon
Bonaparte atas seluruh kekuasaan
C.
Berkembangnya ajaran
Humanisme yang membangkitkan Eropa
D.
Dibuatnya Undang-Undang
oleh Dewan Perwakilan kekaisaran
E.
Dibekukannya posisi dewan
bangsawan di parlemen
23.
Revolusi Amerika yang
dilakukan oleh para kolonis Inggris pada hakikatnya bertujuan untuk ....
A.
menyatukan seluruh kawasan
Amerika menjadi bagian dari Inggris
B.
menempatkan kebebasan
sebagai doktrin dalam kehidupan masyarakat
C.
menegakkan hak asasi
manusia secara nasional dan internasional
D.
membentuk negara baru yang bebas dari negara lain termasuk Inggris
E.
menjadikan Amerika yang
maju dalam berbagai bidang kehidupan
24.
Peristiwa yang sangat
berpengaruh terhadap perkembangan Eropa dan dunia adalah Revolusi Industri,
yang pada hakikatnya merupakan ....
A.
usaha memanfaatkan semua
sumber daya alam untuk kehidupan
B.
temuan berbagai alat
(iptek) yang mempercepat proses industrialisasi
C.
teknik pembuatan barang
dari industri rumah tangga ke sistem pabrik
D.
sebuah strategi dalam
pengembangan industri umum
E.
perubahan sistem
pemerintahan menuju ke sistem demokrasi
25.
Walaupun tidak tersurat,
secara politis Sarekat Islam merupakan satu organisasi pedagang yang beragama
Islam yang lahir pada masa Pergerakan Nasional Indonesia dengan tujuan utamanya
adalah ....
A.
Pemurnian kembali agama
Islam
B.
Menyatukan pedagang
pribumi dengan pedagang Cina
C.
Mempersiapkan kehidupan
rakyat untuk merdeka
D.
Menumbuhkan jiwa dagang
pada masyarakat
E.
Menentang kehadiran
pedagang asing
26.
“ Sumpah Pemuda ”
merupakan satu peristiwa sangat penting bagi bangsa Indonesia karena pada hakikatnya
merupakan ....
A.
Bersatunya seluruh organisasi
pemuda untuk mencapai kemerdekaan
B.
Kesepakatan bersama dari
seluruh orgainsasi pergerakan melawan Belanda
C.
Lahirnya organisasi baru
dalam pergerakan nasional Indonesia
D.
Tekad para pemuda untuk
bersatu berjuang mencapai kemerdekaan
E.
Sumpah sehidup-semati
dalam mencapai cita-cita nasional
27.
PUTERA adalah salah satu
organisasi yang pernah dibentuk oleh Jepang yang kemudian dibubarkan karena ....
A.
Rakyat Indonesia tidak
bersedia menjadi anggotanya
B.
Membuat Jepang kalah dalam
Perang Pasifik
C.
Telah memiliki organisasi
yang baru
D.
Para pemimpinnya kurang
cakap
E.
Lebih banyak menguntungkan
bangsa Indonesia
28.
Pemerintah Jepang pernah
berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak kemudian
hari yang diucapkan oleh PM Koiso, dikenal dengan “ Janji Koiso”. Latar
belakang janji tersebut adalah ....
A.
Terdesaknya Jepang dalam
perang Asia Timur Raya
B.
Kalahnya Jerman dalam
perang di Eropa
C.
Besarnya dukungan rakyat
Indonesia terhadap Jepang
D.
Hancurnya Hirosima dan
Nagasaki karena di bom AS
E.
Menyerahnya Jepang tanpa
syarat kepada Sekutu
29.
Menjelang proklamasi
Indonesia terjadi sebuah peristiwa penting yaitu Peristiwa Rengasdengklok yang
dilatarbelakangi oleh adanya ....
A.
perbedaan pendapat tentang
pelaksanaan proklamasi
B.
larangan untuk melaksanakan
proklamasi
C.
mencegah datangnya Sekutu
di Indonesia
D.
kalahnya Jepang dalam Perang
Pasifik
E.
persamaan keinginan
tentang pelaksanaan proklamasi
30.
Pada sidangnya yang
pertama tanggal 18 Agustus 1945, PPKI menetapkan presiden dan wakil presiden
dengan cara ....
A.
voting tertutup D. aklamasi
B.
pemilu E. penunjukkan
C.
formatur
31.
PKI tetap berusaha merebut
pemerintahan dan mengembangkan paham komunis di Indonesia diawali dengan pemberontakan
di Madiun yang dipimpin oleh ....
A.
DN Aidit D. Kahar Muzakar
B.
Amir Syarifuddin E. Musso
C.
Tan Malaka
32.
Di Jawa Barat terjadi
pembrontakan DI / TII pimpinan SM Kartosuwiryo dilatarbelakangi oleh ....
A.
Keinginan Belanda
menguasai Negara Pasundan
B.
Kekosongan kekuasaan
karena ditinggal oleh Belanda
C.
Adanya perjanjian Renville
yang dimanfaatkan oleh kelompok tertentu
D.
Usaha Belanda untuk
mengadu domba rakyat Indonesia
E.
Pembubaran Masyumi sebagai
organisasi Islam oleh Jepang
33.
Dalam upaya menumpas G 30
S/PKI khususnya di Jakarta langkah koordinatif dilakukan untuk menguasai
keadaan dipimpin Pangkostrad
yang pada saat itu dijabat oleh ....
A.
Mayjen Suharto D. Letkol Latief
B.
Brigjen Basuki Rachmat E. Kol. Untung
C.
Letjen AH. Nasution
34.
Kebijakan ekonomi yang
dijalankan oleh pemerintah dalam rangka memperkuat perekonomian nasional dengan
memadukan kemampuan pengusaha pribumi dengan pengusaha keturunan Cina dikenal
dengan program ....
A.
Gunting Syafruddin D. Gerakan Ali-Baba
B.
Kasimo Plan E. Gerakan Benteng
C.
Obligasi Nasional
35.
Salah satu bentuk
penyimpangan politik luar negeri yang terjadi pada masa pelaksanaan sistem
Demokrasi Terpimpin adalah ....
A.
menerima bantuan bantuan
dari AS
B.
terbentuknya poros Jakarta
– Peking
C.
menjadi anggota tentara
keamanan PBB
D.
terjadinya usaha merebut
Irian Barat
E.
memasukan Timor-Timur
sebagai bagian dari RI
36.
Terjadinya konfrontasi
antara Malaysia dengan pada masa Demokrasi Terpimpin Indonesia dilatarbelakangi
oleh ....
A.
keluarnya Indonesia dari
PBB
B.
gagalnya Inggris menguasai
Indonesia
C.
gagal menyaingi Malaysia
sebagai anggota DK PBB
D.
Malaysia adalah bagian
dari negara blok barat
E.
dibentuknya federasi
Malaysia sebagai neo kolonialis
37.
Setelah penumpasan G.30 S
/ PKI serta pembubaran PKI, maka terbentuklah pemerintahan baru yang dikenal
dengan “ Orde Baru “ yang bertujuan ....
A.
Melaksanakan Trilogi
Pembangunan
B.
Menegakkan kembali politik
luar negeri
C.
Melaksanakan Pancasila dan
UUD 45 secara murni
D.
Menentang berbagai bentuk
penyelewengan
E.
Melarang organisasi yang
berazaskan komunis
38.
Pemerintahan Orde Baru
secara bertahap mampu memperbaiki dan meningkatkan kehidupan ekonomi
masyarakatnya melalui program-programnya yaitu ....
A.
Panca Usaha Tani D. Dwi Darma Catur Karya
B.
Industrialisasi E. Repelita
C.
Program KB
39.
Kebijakan sosial
pemerintahan reformasi yang justru berdampak terganggunya ketertiban umum
adalah ....
A.
Membiarkan para pedagang
kakilima berjualan berbagai tempat
B.
Terbitnya berbagai jenis
koran sebagai sumber informasi
C.
Tidak tersaringnya
informasi yang tersebar di dalam masyarakat
D.
Kebebasan menentukan batas
daerah dengan alasan otonomi daerah
E.
Kebebasan menyampaikan
pendapat melalui demontrasi di jalan
40.
Setelah Perang Dunia II,
dunia masih mengalami berbagai masalah terutama tarik menarik dua blok negara
yaitu blok barat dengan timur yang menimbulkan ketegangan antar negara. Hal
tersebut disebabkan oleh ....
A.
tekanan-tekanan terhadap
negara kecil
B.
konflik kepentingan,
supremasi dan ideologi
C.
perbedaan ideologi antara
blok barat dengan blok timur
D.
saling menekan antara blok
barat dengan blok timur
E.
memperebutkan daerah
perdagangan
41.
Salah satu dampak positif
dari terjadinya Perang Dingin adalah ....
A.
hubungan antarnegara
semakin dekat
B.
terjadinya perdagangan
secara internasional
C.
mulai direncanakan
revitalisasi PBB
D.
dibentuknya tentara
keamanan PBB
E.
Ilmu pengetahuan dan
teknologi berkembang pesat
42.
ASEAN merupakan salah satu
organisasi regional yang menekankan pada kerja sama bidang seperti dibawah ini,
kecuali
....
A.
sosial D. teknologi
B.
budaya E. ekonomi
C.
militer
43.
Sebagai anggota ASEAN,
Pemerintah RI ikut serta menciptakan perdamaian regional, salah satunya ikut
membantu menyelesaikan konflik di Kamboja dalam program ....
A.
Jakarta Informal Meeting(JIM)
B.
ASEAN Meeting of Campuchea
C.
Indonesian – Champuchea Summit
D.
Perjanjian Kamboja – Jakarta
E.
International Conperence Kampuchea
44.
Perhatikan data-data
berikut!
1)
merajalelanya KKN di lingkungan
birokrat
2)
turunnya legalitas
pemerintahan
3)
saling curiga mencurigai
antarnegara bagian
4)
dikeluarkannya Yugoslavia dari PBB
5)
adanya keinginan untuk
menguasai negara bagian lainnya
Data diatas adalah beberapa kondisi politik yang
menyebabkan keruntuhan Yugoslavia setalah wafatnya Joseph Broz Tito ditunjukkan
oleh nomor ....
A. 1, 2 dan 3 D.
2, 3 dan 5
B. 1, 2 dan 4 E.
3, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 4
45.
Negarawan Afrika Selatan
yang pada masa pemerintahannya menghapuskan undang-undang yang berbau rasial
dan menghapuskan politik Apartheid
adalah ....
A.
Nelson Mandela D. Desmont Tutu
B.
FW. De Klerk E. Pieter Botha
C.
Goodwill Zwilitini
46.
Seorang sejarawan di dalam
mengungkap suatu peristiwa sejarah menjadi pengetahuan sejarah yang benar dan
ilmiah adalah melalui tahapan-tahapan penelitian sejarah. Jelaskan 4 (empat) tahapan
penelitian sejarah yang dimaksud!
47.
Pergerakan
Nasional merupakan usaha untuk mencapai kemerdekaan yang didorong oleh berbagai
faktor. Sebutkan faktor yang mendorong lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia!
48.
Proklamasi kemerdekaan mempunyai
arti yang sangat penting bagi kehidupan sebuah negara, termasuk bangsa Indonesia.
Tuliskan kembali teks Proklamasi dengan benar dan sebutkan minimal 4 arti penting
Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia khususnya!
49.
Jelaskan pengertian dari Reformasi yang terjadi di
Indonesia dan jelaskan faktor-faktor penyebabnya!
50.
Uni Soviet pada masa
kejayaannya mendapat julukan sebagai “Negara Adikuasa”, tetapi kemudian
mengalami kehancuran akibat dari pembaharuan yang dicanangkan oleh pemimpinnya
yaitu Mikhael Gorbachev. Sebutkan dan jelaskan bentuk pembaharuan yang
dicanangkan oleh Mikhael Gorbachev tersebut!
Komentar
Posting Komentar