Langsung ke konten utama

SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS X SEMESTER 1


1.     Sejarah selalu mengikuti perkembangan gerak kemajuan manusia serta
  kebudayaannya. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah merupakan ilmu
  yang bersifat ....
A.   Stagnan                                                D.  Mutlak
B.    Dinamis                                                         E.  Mundur
C.    Tetap
2.       Berikut ini merupakan contoh perubahan yang berlangsung secara cepat
  dan mendasar adalah ....
A.   Terjadinya Reformasi di Indonesia pada tahun 1998
B.    Perubahan cara hidup manusia purba dari berburu menjadi bercocok tanam
C.    Perubahan bentuk fisik manusia
D.   Proses terbentuknya bumi
E.    Perubahan pada struktur masyarakat
3.       Adanya kelahiran dan kematian, maupun adanya perpindahan penduduk,
  baik transmigrasi maupun urbanisasi merupakan faktor penentu
  perubahan dalam hal ....
A.   Persebaran penduduk                                     
B.    Berkurangnya penduduk
C.    Bertambahnya penduduk
D.   Pemusatan penduduk
E.    Perubahan penduduk
4.       Penemuan baru mendorong perubahan yang berkelanjutan dari waktu ke
  waktu dan menjadi cikal bakal Revolusi Industri, adalah penemuan ....
A.   Komputer                                             D.  Kertas
B.    Pesawat terbang                                    E.  Mesin jahit
C.    Mesin uap
5.       Istilah “ gerak sejarah ” pada dasarnya mengacu pada kenyataan bahwa
  ....
A.   Sejarah manusia itu bersifat mengalami dinamika
B.    Tidak ada yang tidak berubah di dunia ini
C.    Sejarah hanya bermakna kalau mengalami pergerakan
D.   Manusia adalah penggerak utama sejarah
E.    Sejarah manusia bergerak secara statis
6.       Sebuah penemuan unsur kebudayaan baru oleh individu atau kelompok
  dalam suatu masyarakat. Unsur baru itu dapat berupa alat-alat baru
  ataupun ide-ide baru disebut sebagai ....
A.   Motivasi                                               D.  Discovery
B.    Inovasi                                                 E.  Invention
C.    Produksi
7.       Kausalitas merupakan hukum sebab-akibat mengenai suatu peristiwa,
  keadaan atau perkembangan. Teori tersebut diungkapkan oleh ....
A.   Sartono Kartodirdjo
B.    Koentjaraningrat
C.    Slamet Muljana
D.   Ahmad Suhelmi
E.    Kuntowijoyo
8.       Pecahnya Perang Dunia I merupakan akibat ketegangan politik di Eropa,
  sedangkan penyebabnya adalah ....
A.   Pemerataan daerah jajahan bagi negara Eropa
B.    Terbunuhnya putra Pangeran Frans Ferdinand di Istana
C.    Pelucutan persenjataan oleh negara-negara di Eropa
D.   Pertentangan antarnegara di Eropa akibat perebutan daerah jajahan
E.    Terjadinya krisis ekonomi global
9.       Para sejarawan akan menghasilkan perbedaan fakta sejarah ketika
  menyusun berbagai keterkaitan sebab-akibat dalam suatu peristiwa,
  sehingga fakta sejarah bersifat ....
A.   Deskriptif                                             D.  Subjektif
B.    Konsumtif                                             E.  Analitik
C.    Naratif
10.   Dalam konsep kausalitas sejarah, objek yang menjadi pembahasan
  utama adalah ....
A.   peristiwa                                              D. sebab terjadinya peristiwa
B.    manusia                                                E. akibat yang ditimbulkan
C.    lokasi kejadian
11.   Dengan mempelajari sebab-akibat dalam suatu peristiwa sejarah, maka
  kita akan dapat ....
A.   Menghadapi masalah serupa
B.    Khawatir akan terulang
C.    Saling mencurigai pihak lain
D.   Menghindari kesalahan yang sama
E.    Takut dengan masa depan
12.   Kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajaratun. Secara harfiah kata ini
  berarti pohon, tetapi kata ini juga berarti ....
A.   Silsilah                                                 D.  Kisah
B.    Legenda                                                E.  Kehidupan
C.    Mitos
13.   Kata yang mengandung arti sejarah dalam bahasa Minangkabau adalah
  ....
A.   Babad                                                  D.  Tarikh
B.    Tambo                                                 E.  Silsilah
C.    Riwayat
14.   Moh.Ali mendefinisikan sejarah sebagai cerita yang tersusun secara
  sistematis. Definisi tersebut sebenarnya sama dengan ....
A.   Kisah                                                   D.  Ilmu
B.    Peristiwa                                              E.  Sastra
C.    Seni
15.   Contoh konsep manusia dan sejarah berupa kesinambungan adalah ....
A.   Kelahiran diri seseorang yang memerlukan waktu 10 jam
B.    Gerakan nasionalisme di Indonesia sering dianggap sebagai kepanjangan dari gerakan romantik di Eropa
C.    Perkembangan kota Amsterdam yang awalnya merupakan suatu desa nelayan kecil yang kemudian tumbuh menjadi kota dengan jumlah penduduk yang besar di Belanda
D.   Pada abad ke-17 dan 18, di beberapa wilayah di Nusantara, VOC yang merupakan perusahaan dagang swasta Belanda berkuasa
E.    Pada masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial mengadopsi kebiasaan lama, antara lain dalam menarik upeti raja taklukan, Belanda meniru raja-raja pribumi
16.    Sejarah merupakan ilmu empiris. Empiris mempunyai arti ....
A.   Pengalaman                                          D.  Renungan
B.    Cara                                                     E.  Khusus
C.    Umum
17.   Salah satu ciri sejarah sebagai ilmu yang berarti sasaran/tujuan adalah ....
A.   Metode                                                 D.  Empiris
B.    Objek                                                   E.  Teori
C.    Generalisasi
18.   Sejarah dapat juga disebut sebagai seni karena ...
A.   Sejarah merupakan karya seniman
B.    Sejarah dapat dilukiskan
C.    Sejarah mempunyai nilai seni yang tinggi
D.   Sejarah berhubungan dengan penyimpulan dan penulisan suatu peristiwa sejarah yang berhubungan dengan kaidah dan keindahan bahasa
E.    Sejarah memang berasal dari darah kesenian
19.   Kelahiran diri sendiri merupakan contoh sejarah sebagai ....
A.   Ilmu                                                     D.  Kisah
B.    Seni                                                      E.  Peristiwa
C.    Cerita
20.   Mitos berasal dari bahasa Yunani yaitu mythos yang artinya ....
A.   Khayalan                                              D.  Realita
B.    Perbincangan                                        E.  Kenyataan
C.    Dongeng
21.   Cabang sejarah yang paling sesuai dengan teknik-teknik kuantitatif
  sehingga dianggap sebagai sains atau ilmu sosial adalah ....
A.   Sejarah intelektual                                D.  Sejarah geografi
B.    Sejarah ekonomi                                   E.  Sejarah diplomatik
C.    Sejarah maritim
22.   Proses berpikir untuk memahami peristiwa-peristiwa yang berpengaruh
  terhadap perubahan pada suatu masa tertentu disebut ....
A.   Sinkronik                                             D.  Anakronik
B.    Diakronik                                             E.  Deduktif
C.    Induktif
23.   Berikut ini yang termasuk topik sejarah diakronis adalah ....
A.   Tarekat Qadiriyah di Pesantren Jawa
B.    Peranan Militer dalam Politik RI
C.    Jakarta Kota Metropolitan
D.   Perang Diponegoro
E.    Elite Agama di Keraton Surakarta dan Yogyakarta
24.   Berikut merupakan ciri khusus berpikir sinkronik, yaitu ....
A.   Mengamati kehidupan sosial secara sempit berdimensi waktu
B.    Memandang kehidupan masyarakat sebagai sebuah sistem tidak saling berkaitan
C.    Menguraikan kehidupan masyarakat secara fiktif
D.   Digunakan oleh ilmuwan-ilmuwan saintifik
E.    Digunakan oleh ilmu-ilmu sosial (sosiologi, antropologi, politik)
25.   Segala bentuk peninggalan sejarah yang dapat dijadikan informasi
  tentang peristiwa nyata disebut ....
A.   Metode sejarah                                     D.  Sumber sejarah
B.    Tema sejarah                                        E.  Hipotesis sejarah
C.    Data sejarah
26.   Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tertulis, dan visual
  merupakan definisi sumber sejara menurut ....
A.   Muh.Yamin                                          D.  Bung Tomo
B.    Zidi Gozalba                                        E.  Bung Karno
C.    Moh.Ali
27.   Kedudukan sumber primer dalam penelitian sejarah yaitu ....
A.   Sumber utama dan pokok                      D.  Sumber pelengkap
B.    Sumber lisan                                        E.  Sumber yang lengkap
C.    Sumber tertulis 
28.   Kekurangan sejarah lisan dalam penulisan sejarah yaitu ....
A.   Pengumpulan data dengan komunikasi dua arah
B.    Penulisan sejarah menjadi demokratis
C.    Melengkapi data yang belum terdapat dalam dokumen
D.   Terbatasnya daya ingat seseorang pelaku atau saksi sejarah terhadap suatu peristiwa
E.    Penelitian sejarah lisan secara simultan maka tidak akan terjadi subjektivitas
29.   Langkah pertama dalam sebuah proses ilmiah menyingkap kebenaran
  dari sebuah peristiwa masa lalu adalah ....
A.   Heuristik                                              D.  Verifikasi
B.    Pemilihan topik                                    E.  Interpretas
C.    Historiografi
30.   Proses pengujian orisinalitas dan validalitas data serta sumber sejarah
  dalam penelitian sejarah lazim dilakukan pada tahap ....
A.   Verifikasi                                             D.  Historiografi
B.    Pemilihan topik                                    E.  Heuristik
C.    Interpretasi
31.   Perhatikan pernyataan dari jenis-jenis data di bawah ini!
1.     Ulasan penelitian                                  6.  Rekaman atau catatan
2.     Artefak                                                 7.  Buku teks
3.     Ensiklopedia                                         8.  Wawancara langsung
4.     Saksi sejarah                                        9.  Fosil
5.     Koran
Dari data di atas, data primer ditunjukkan pada nomor ....
A.   1,3,5,7                                                  D.  4,5,6,7
B.    2,4,6,9                                                  E.  6,7,8,9
C.    3,4,7,9
32.   Setelah semua sumber dikumpulkan, kemudian dilakukan verifikasi
  untuk memperoleh sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.
  Verifikasi juga disebut dengan ....
A.   Sintetik                                                D.  Metodik
B.    Otokritik                                              E.  Analitik
C.    Kritik
33.   Secara umum yang dapat dikategorikan ke dalam sumber sejarah yang
  terkait dengan bekas-bekas peninggalan di antaranya adalah ....
A.   Dokumen, arsip, ideologi
B.    Interaksi antarmanusia
C.    Artefak,fosil,bangunan kuno
D.   Sistem pemerintahan monarki
E.    Aktivitas manusia di masa lalu
34.   Perhatikan data berikut ini!
(1)   Kuat dalam kronologi dan detail geografis
(2)   Ditulis dengan fakta pemerintah kolonial
(3)   Mitos bercampur fakta
(4)   Istana-sentris
(5)   Subjektif
Dari data tersebut, ciri khas historiografi tradisional ditunjukkan pada nomor ....
A.   1,2,3                                                     D.  2,3,5
B.    1,2,4                                                     E.  3,4,5
C.    2,3,4
35.   Ciri regio-sentris dari historiografi tradisional mengandung pengertian
   ....
A.   Ditulis dalam lingkungan tertentu
B.    Ditulis atas perintah raja tertentu
C.    Dipengaruhi kebudayaan tertentu
D.   Sumber diperoleh dari wilayah tertentu
E.    Dipengaruhi legenda di wilayah tertentu
36.   Perhatikan cuplikan sebuah tulisan berikut ini!
  “ Pada tahun 1653 ada seorang raja di Tanah Goa yang bernama Sultan
  Hasanudin. Adapun raja itu tiada mengindahkan Kompeni; orang
  Maluku yang durhaka kepada Kompeni dibantunya; tambahan lagi
  diperanginya Sultan Buton yang bersahabat dengan Belanda ’’.
  Cuplikan tulisan tersebut merupakan contoh konkret historiografi ....
A.   Tradisional                                           D.  Lokal
B.    Kolonial                                               E.  Modern
C.    Nasional
37.   Perhatikan data berikut ini!
1.     Bersifat politis
2.     Bersifat ideologis
3.     Menunjukkan unsur kejayaan dan kebesaran dari struktur kekuasaan yang dominan
4.     Kritis
Dari data di atas, ciri khas historiografi tradisional, kolonial, dan nasional ditunjukkan nomor ....
A.   1,2,3                                                     D.  2,3,5
B.    1,2,4                                                     E.  3,4,5
C.    2,3,4
38.   Sejarah merupakan pengalaman kolektif yang banyak mengandung
  ajaran tentang moral dan etika, serta memberikan teladan dari para
  tokoh sejarah menunjukkan salah satu fungsi historiografi yang disebut
  dengan fungsi ....
A.   Pragmatis                                             D.  Didaktis
B.    Kolektif                                                E.  Genetis
C.    Adaptif
39.   Fakta yang telah diterima kebenarannya atau fakta yang sudah pasti dan
  tidak perlu untuk diperdebatkan lagi disebut fakta ....
A.   Lunak                                                   D.  Deskriptif
B.    Mental                                                  E.  Keras
C.    Sosial
40.   Perhatikan data berikut ini!
1.     Peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945
2.     Lokasi pusat Kerajaan Sriwijaya
3.     Gambaran para bangsawan terhadap nilai-nilai tradisi
4.     Kondisi masyarakat pada masa Kerajaan Majapahit
5.     Kehidupan sehari-hari Homo loresiensis
Dari data di atas, yang termasuk contoh fakta lunak ditunjukkan oleh nomor ....
A.   1                                                           D.  4
B.    2                                                           E.  5
C.  3

Komentar

  1. Halo semuanya!!!
    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. Saya harap Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan dari perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan terkecoh seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukannya pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari sebuah perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. dapatkan pinjaman saya hanya dengan tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat WhatsApp ibu Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662

    Silakan Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com

    Semoga Allah senantiasa menyertai Anda semua. Semoga yang terbaik bagi Anda

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya BOVIN INDAH, saya tinggal di Denpasar, Bali, Indonesia. Saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar Rp6.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp800.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan dua anak saya.
    Saya tidak tahan hal ini terjadi lagi. Bulan 1 Mei 2020 ini, saya melihat kesaksian pinjaman dari seorang saudari dan saya diperkenalkan dengan seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson Loan, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Allah terus memberkati Anda.
    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, cukup mendaftar melalui Mrs. Rika Anderson Loan melalui email: rikaandersonloancompany@gmail .com. Whatsapp: +13236893663.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: bovinbovinindah@gmail.com

    BalasHapus
  3. TESTIFIER: Zulaikha Yugesh
    zulaikhayugesh@gmail.com
    Pinjaman Hibah: Rp600.000.000
    Warga negara Malaysia dan tinggal di Indonesia

    PERUSAHAAN PINJAMAN: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    Website: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Customer Calls: +1-323-689-3663
    Whatsapp:   +1-323-689-3663

    Damai selalu bersamamu! Nama saya Bu Zulaikha Yugesh, warga negara Malaysia dan tinggal di Indonesia. Saya ingin bersaksi tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya bahwa setelah ditipu oleh 4 kreditor internet yang berbeda, mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar begitu banyak sehingga saya tidak mendapatkan apa-apa dan jumlahnya tidak positif.

    Saya kehilangan uang yang saya peroleh dengan susah payah dan mendapat Rp18.000.000 Suatu hari ketika saya menjelajah internet secara misterius, saya menemukan seorang lelaki kesaksian yang juga tertipu dan akhirnya terhubung dengan perusahaan pinjaman yang sah bernama Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY (rikaandersonloancompany@gmail.com ) di mana dia akhirnya mendapatkan pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 4 peminjam berbeda yang tidak melakukan apa pun selain membuat saya sakit.

    Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui pos dan semua yang mereka katakan kepada saya tidak perlu menangis karena saya akan mendapatkan pinjaman di perusahaan mereka dan juga saya membuat pilihan yang tepat untuk menghubungi mereka.
    Saya mengisi formulir aplikasi pinjaman dan meneruskan semua permintaan saya dan meminjamkan Rp600.000.000 oleh Perusahaan Hebat ini (RIKA ANDERSON LOAN COMPANY) yang dioperasikan oleh Ms. RIKA ANDERSON dan di sini saya senang hari ini dengan keluarga saya karena Ibu Rika memiliki pinjaman dengan saya . 

    BalasHapus
  4. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu, kadar faedah kami adalah 2% setiap tahun. Kami juga memberikan nasihat dan bantuan kewangan kepada kami pelanggan dan pemohon Sekiranya anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayai dengan segera, kami dapat membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama-sama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Perniagaan

    Perniagaan Merchandising.
    Perniagaan pembuatan
    Perniagaan Hibrid.
    Perniagaan tunggal
    Perkongsian.
    Syarikat.
    Syarikat terhad.
    pinjaman peribadi.
    pinjaman pelaburan.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit pemilikan rumah.

    HUBUNGAN SYARIKAT PINJAMAN:
    Laman web: rikaandersonloancompany.webs.com
    E-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Sembang Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Ibu pejabat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, Amerika Syarikat
    Cukai / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Daerah New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  5. Dapatkan kredit langsung yang fleksibel, andal, dan nyaman dengan bunga rendah
    tingkat 2%, Daftar sekarang terlepas dari status Anda. Balas ini
    E-mail: fastmcredit24hours@gmail.com atau hubungi kami di whatsapp sekarang: +61480048305

    BalasHapus
  6. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL-SOAL DEMOKRASI TERPIMPIN PILIHAN GANDA

SOAL-SOAL TENTANG DEMOKRASI TERPIMPIN PILIHAN GANDA 1.              Masa demokrasi terpimpin dimulai dengan berlakunya .... A.     Ketetapan MPRS Nomor 1 / MPRS / 1960 B.      Pembubaran DPR dan pembentukan DPR GR C.      Pembentukan Front nasional D.     Dekrit presiden 5 Juli 1959 E.      Pembentukan kabinet kerja 2.              Sistem demokrasi terpimpin yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia merupakan sistem demokrasi yang dipimpin oleh .... A.     Kabinet                                                         D.   MPRS B.      Parlemen                                                       E.   Pemimpin Besar Revolusi C.      DPRS 3.              Konsepsi Demokrasi Terpimpin dicetuskan oleh Presiden Soekarno sejak 21 Februari 1957. Langkah pertama yang ditempuh Soekarno dalam mewujudkan konsepsi tersebut adalah .... A.     membentuk Dewan Nasional B.      membubarkan Dewan Konstituante C.      meminta dukungan Angkatan Darat D.     membentuk

SOAL-SOAL TENTANG SEJARAH KONTEMPORER DUNIA PILIHAN GANDA

  1.                       Alasan Amerika Serikat mendukung Ngo Dinh Diem adalah .... A.    dianggap berpihak pada kebijakan-kebijakan Amerika B.     kekhawatiran Amerika terhadap kekuatan komunis di Vietnam Utara C.     ingin menjadikan Vietnam sebagai koleganya di Asia D.    Vietnam adalah pasar terbesar bagi hasil produksi Amerika E.     Vietnam menjadi kaki tangan Amerika untuk menginvasi Asia 2.                       Berikut yang tidak termasuk karakteristik praktik kekuasaan di Uni Soviet di bawah pemerintahan Joseph Stalin adalah .... A.    Kamp kerja atau Gulag B.     Pembersihan Massal( Great Purge ) C.     Sistem pertanian terpadu D.    Pengawasan total atas seluruh aspek kehidupan E.     Pengeluaran besar-besaran untuk militer 3.                       Tanda-tanda runtuhnya Uni Soviet sudah terlihat sejak pemerintahan .... A.    Mikhail Gorbachev                                D.   Vladimir Lenin B.     Leon Trotsky                          

LATIHAN SOAL SEJARAH WAJIB KELAS XI SEMESTER 2

KUMPULAN SOAL SEJARAH WAJIB KELAS XI SEMESTER 2 MATERI PERGERAKAN NASIONAL, PENDUDUKAN JEPANG, PROKLAMASI, DAN USAHA-USAHA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA 1.                       Perhatikan data berikut ini! (1)    Kesuksesan pergerakan nasional di negara-negara lain di Asia-Afrika seperti Cina, India, Turki, dan Mesir (2)    Penjajahan (kolonialisme) oleh Belanda dan penderitaan ekonomis-politis-sosial yang ditimbulkannya (3)    Munculnya kaum terpelajar (4)    Tumbuhnya rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang pernah besar (5)    Masuk dan berkembangnya paham-paham baru dari Eropa dan Amerika seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme (6)    Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang tahun 1905 Dari data di atas, faktor internal yang mendorong nasionalisme Indonesia ditunjukkan pada nomor .... A.    (1), (2), dan (3)                                      D.   (3), (4), dan (5) B.     (1), (2), dan (4)                                      E.   (4),

soal prakarya dan kewirausahaan kelas XII

1.                       Revolusi industri dan perkembangan permesinan membawa babak baru bagi perekonomian, industri manufaktur bermunculan dan menghasilkan produk secara massal. Pada gelombang ini disebut .... A.    Gelombang peradaban ekonomi B.     Gelombang ekonomi pertanian C.     Gelombang ekonomi kreatif D.    Gelombang ekonomi industri E.     Gelombang teknologi informasi 2.                       Industri-industri yang termasuk ke dalam industri kreatif dikelompokkan ke dalam 14 sub sektor. Yang bukan sub sektor industri kreatif adalah .... A.    Periklanan                                   D.   Permainan interaktif B.     Desain                                         E.   Televisi dan radio C.     Keterampilan 3.                       Hukum ekonomi dasar menjelaskan hubungan antara ketersediaan barang di pasar ( supply ) dan .... A.    Persediaan barang                        B.     Permintaan pembeli                      C.     Peluang pasar

LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XI SEMESTER 1 MATERI NASIONALISME ASIA-AFRIKA

1.                        Liberalisme adalah paham yang mengutamakan .... A.     absolutisme raja                                                   D.   kebebasan individu B.      rasa kebangsaan                                                   E.   kepemilikan negara C.      kedaulatan rakyat 2.                        Tokoh Turki yang mendirikan Gerakan Turki Muda adalah .... A.     Nehru                                                                   D.   Mustafa Kemal Pasha B.      Salman Rusdi                                                      E.   Jose Rizal C.      Muhammad Ali Jinnah 3.                        Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1)       Kejayaan masa lampau 2)       Timbulnya golongan terpelajar 3)       Penjajahan bangsa asing 4)       Masuknya paham nasionalisme 5)       Kemenangan Jepang atas Rusia Faktor intern pendorong timbulnya nasionalisme di Asia-Afrika adalah .... A.     1, 2, dan 3                                

Soal-soal tentang disintegrasi bangsa

Soal-soal tentang disintegrasi bangsa kelas 12 SMA 1.              Tujuan pemberontakan PKI di Madiun adalah .... A.     mengusir penjajah dari tanah Indonesia B.      menegakkan negara militer di Jawa Timur C.      membentuk pemerintahan yang demokratis D.     membela kepentingan rakyat yang menderita E.      mengganti pemerintahan dengan paham komunis 2.              Istilah Madiun Affairs merujuk pada peristiwa .... A.     aksi sepihak yang dilakukan buruh di Madiun B.      pemberontakan Republik Soviet Indonesia oleh Musso di Madiun C.      perekrutan mantan anggota TNI sebagai kekuatan PKI di Madiun D.     konflik bersenjata antara pendukung PKI dan pendukung RI di Madiun E.      konflik antara Amir Syarifuddin dan Moh. Hatta yang terjadi di Madiun 3.              Tindakan pemerintah untuk menumpas pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 adalah .... A.     menerjunkan pasukan Divisi Siliwangi B.      menerapkan strategi perang gerilya C.   

SOAL-SOAL SEJARAH INDONESIA/ SEJARAH WAJIB KELAS XI SEMESTER 1

KUMPULAN SOAL SEJARAH INDONESIA/WAJIB KELAS XI SEMESTER 1 MATERI  :  1. KOLONIALISME & IMPERIALISME                     2. PERANG MELAWAN KOLONIALISME 1.                   Lahirnya kolonialisme-imperialisme Barat dilatarbelakangi berbagai faktor. Berikut ini yang bukan faktor utama lahirnya kolonialisme-imperialisme Barat adalah .... a.       Dunia Timur kaya bahan-bahan mentah dan rempah-rempah b.      Bangsa-bangsa Barat ingin berdagang secara langsung dengan Dunia Timur c.       Berdagang melalui Konstantinopel tidak menguntungkan lagi d.      Adanya keinginan untuk menyebarkan ajaran Isa Al Masih e.       Bangsa-bangsa Barat ingin menunjukkan kejayaan mereka 2.                   Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya Konstantinopel yaitu diperolehnya rute baru dalam mendapatkan rempah-rempah setelah adanya .... a.       Lebih baik menguasai daerah lain dari pada dikuasai b.      Nafsu untuk mencapai keinginan tertentu membuat orang rela menghalalk

SOAL-SOAL IPS KELAS 9 SMP (MATERI A. LETAK DAN LUAS BENUA ASIA DAN BENUA LAINNYA)

      LATIHAN SOAL IPS KELAS 9 SMP MATERI A   1.      Perhatikan peta berikut!             Benua Asia pada peta di atas ditunjukkan oleh warna .... A. biru                                                       C. oranye B. kuning                                                  D. hijau   2.     Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki laut adalah .... A. Myanmar                                             C. Kamboja B. Thailand                                             D. Laos   3.     Perhatikan data-data berikut:          1)  Sebagai pelopor penempuan IPTEK          2)  Wilayahnya tidak dilalui garis ekuator           3)  Benua dengan penduduk terbanyak di dunia           4)  Pegunungan menjadi batas dengan benua di sebelah baratnya          5)  Tempat lahirnya agama-agama yaitu Islam, Buddha, Hindu, Kristen, Konghucu           Karakteristik Benua Asia ditunjukkan oleh nomor ....          A. 1, 2, dan 3                         C. 2, 3, dan 5           B. 2, 3, dan 4   
SOAL-SOAL LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS 12 NB : Soal ini dicampur dengan materi kelas 10 dan 11 (Jika butuh kunci jawabannya silahkan kirim email ke alamat email ramdhonidhoni01@gmail.com) 1.              Pengertian sejarah yang pernah dikemukakan oleh sejarawan senior Indonesia Kuntowijoyo, yaitu .... A.     Sejarah adalah fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris B.      Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau C.      Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan dan peristiwa yang merupakan realitas D.     Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita E.      Catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu 2.              Sumber lisan yaitu keterangan langsung dari saksi dari peristiwa yang terjadi masa lampau atau dari orang yang menerima keterangan dari